Untuk memenuhi kebutuhan angka kredit guru pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) khususnya unsur Publikasi Ilmiah seringkali membuat guru putus asa. Peristiwa ini juga terjadi pada diri saya. Tetapi dengan tekad dan keinginan kuat untuk menyelesaikan proses kenaikan pangkat yang seharusnya sudah dilewati (Pangkat IVa tahun 1997), maka saya berusaha mencari cara agar unsur publikasi ilmiah dapat terpenuhi (12 angka kredit).
Salah satu bentuk publikasi ilmiah yang belum dikenal banyak orang (terutama guru-guru yang saya kenal) adalah membuat Buku Pedoman Guru yang memiliki nilai AK 1,5. Saya berusaha menyusun Buku Pedoman Guru ini dengan mengacu pada Buku 4 dan Buku 5 Pedoman kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjuan (PKB) dan angka Kreditnya. Buku Pedoman Guru ini saya susun tanpa ada contoh, isi dari buku Pedoman Guru ini adalah penafsiran saya sendiri terhadap Buku 4 dan Buku 5 tersebut. Sehingga Buku Pedoman Guru yang saya susun ini kemungkinan ada salah tafsir, atau banyak kekurangan dan perlu banyak penyempurnaan.
Meskipun buku ini baru disusun dan belum tentu benar, namun harapan saya apa yang saya lakukan ini bermanfaat baik untuk diri saya sendiri juga untuk teman-teman guru yang memerlukan.
BUKU
PEDOMAN GURU
TAHUN KERJA 2015
Oleh
LILIS
INDAYANI, S.Pd, M.Pd
NIP
: 197103301995122002
PEMERINTAH
KOTA PROBOLINGGO
DINAS PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 10 PROBOLINGGO
Jl.Soekarno Hatta No. 263Q Probolinggo
67211 Tlp. 0335 – 427260 NPSN :20536274
Website: http://www.smpn10-prob.sch.id/ Email :
smpnegeri10probolinggo@gmail.com
Lembar PeRSETUJUan
Setelah membaca dan mencermati Buku Pedoman
Guru Tahun Kerja 2015 yang telah ditulis oleh:
Penulis : LILIS INDAYANI, S.Pd, M.Pd
NIP : 19710330 199512 2 002
Jabatan : Guru Mata Pelajaran IPA
Unit Kerja : SMP Negeri 10 Probolinggo
Alamat : Jl. Soekarno Hatta 263Q
Kota Probolinggo Provinsi JawaTimur
benar-benar merupakan karya sendiri, dan
berisi rencana kerja yang akan dilakukan di tahun 2015.
Menyetujui dan mengesahkan:
Probolinggo, 30 Januari 2015
Kepala Sekolah Penulis,
Drs. EKO CAHYONO, M.Pd LILIS INDAYANI,
S.Pd, M.Pd
NIP. 196308121995121002 NIP.
197103301995122002
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap
syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan
hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan Buku Pedoman Guru Tahun 2015 ini. Buku Pedoman Guru ini berisi rencana kerja penulis
dalam setahun untuk
dipakai sebagai pedoman bagi penulis dalam melaksanakan tugas
penulis sebagai guru IPA dan sebagai Wakil Kepala Sekolah. Buku Pedoman Guru
ini semoga juga bermanfaat bagi teman sejawat sebagai perbandingan dalam menyusun Buku Pedoman
Gurunya.
Dalam
penyusunan Buku Pedoman Guru ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu
terima kasih penulis ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
·
Yth. Kepala SMP Negeri 10 Probolinggo
·
Yth. Rekan-rekan Guru SMP Negeri 10 Probolinggo
·
Semua pihak yang telah banyak
membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari
bahwa Buku Pedoman Guru ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang
bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul ................................................................................................. i
Lembaran Persetujuan ............................................................................................. ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Daftar Isi ................................................................................................................ iv
BAB
..... I PENDAHULUAN
A.
Tujuan ...................................................................................... 1
B.
Target-target
Capaian ................................................................ 1
BAB II
RINCIAN RENCANA KERJA
A.
Rencana Kerja
........................................................................... 3
1.
Kompetensi
Pedagogik ........................................................ 3
2.
Kompetensi
Kepribadian ..................................................... 4
3.
Kompetensi
Profesional ....................................................... 5
4.
Kompetensi
Sosial ............................................................... 5
B.
Rincian
Kegiatan di Tahun 2015
............................................. 6
BAB III PENUTUP
A.
Ringkasan
Rencan Kegiatan ..................................................... 9
B.
Ringkasan
Rencana Target .................................................... 10
LAMPIRAN
·
Kalender
Pendidikan 2014/2015
·
Hari Efektif,
Efektif Fakultatif dan Libur Sekolah 2014/2015
·
Penjabaran
Kalender Pendidikan 2014/2015
·
Program
Semester Genap 2014/2015
·
Perkiraan
Angka Kredit guru
·
Program Kerja
Koordinator PKB
·
Format
Suplemen Perencanaan PKB
·
Formulir
Sasaran Kerja PNS
·
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
·
Skenario
Kegiatan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Tujuan
Buku Pedoman Guru
adalah
buku yang berisi rencana kerja tahunan guru. Rencana kerja
guru meliputi upaya
guru dalam meningkatkan/ memperbaiki kegiatan
perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Buku Pedoman Guru ini juga
berisi rencana kegiatan
PKB yang akan
dilakukan guru dalam satu tahun.
Tujuan penulis
dalam penyusunan Buku Pedoman Guru ini adalah agar penulis mempunyai pedoman dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan pembelajaran dan
pedoman dalam mengembangkan profesi.
B. Target-target Capaian
Buku Pedoman Guru ini diharapkan dapat membantu
guru/penulis dalam mencapai target-target yang ingin dicapai di tahun 2015 ini.
Adapun target-target tersebut yaitu tersusunnya:
· Perangkat Pembelajaran yang meliputi:
o
Kalender
Pendidikan
o
Rencana Pekan
Efektif
o
Analisis
SK/KD atau Analisis Kompetensi Inti dan K. Dasar
o
Program
tahunan
o
Program
Semester
o
Silabus
o
RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran)
o
Program
Penilaian
·
Laporan
Pengolahan Nilai
·
Buku Pedoman
Guru
·
Soal-Soal Try
Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah
·
Artikel
Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan
·
Laporan
Penelitian Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan
·
Makalah untuk
kegiatan Seminar KTI
·
Narasumber
dalam kegiatan Seminar/Workshop
·
Membuat Alat
Peraga Pembelajaran
·
Modul/Diktat
kelas IX kurikulum 2013
·
Membimbing
guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI/Laporan PD
Adapun target-target tersebut yaitu
tersusunnya:
·
Perangkat
Pembelajaran yang meliputi:
o
Kalender
Pendidikan
o
Rencana Pekan
Efektif
o
Analisis
SK/KD atau Analisis Kompetensi Inti dan K. Dasar
o
Program
tahunan
o
Program
Semester
o
Silabus
o
RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran)
o
Program
Penilaian
·
Laporan
Pengolahan Nilai
·
Buku Pedoman
Guru
·
Soal-Soal Try
Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah
·
Artikel
Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan
·
Laporan
Penelitian Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan
·
Makalah untuk
kegiatan Seminar KTI
·
Narasumber
dalam kegiatan Seminar/Workshop
·
Membuat Alat
Peraga Pembelajaran
·
Modul/Diktat
kelas IX kurikulum 2013
·
Membimbing
guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI/Laporan Pengembangan Diri
BAB II
RINCIAN RENCANA
KERJA
A. Rencana Kerja
Rencana kerja merupakan rencana guru dalam meningkatkan
kompetensinya sebagai guru. Di dalam Undang-undang nomer 14 tahun 2005
tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan,
keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh
guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.
Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap
guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Kompetensi
pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi
kepribadian adalah kemampuan guru yang memiliki kepribadian mantap, berakhlak mulia,
arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi profesional
adalah kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam.
Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi
secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali
peserta didik, dan masyarakat sekitar.
1.
Kompetensi Pedagogik
Dalam kompetensi
pedagogik guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola kegiatan
pembelajaran. Kemampuan guru ini meliputi penguasaan guru tentang
karakterisitik peserta didiknya, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik. Kompetensi pedagogik juga menuntut guru agar mampu
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan pembelajaran yang mendidik,
mengembangkan potensi peserta didik, berkomunikasi yang baik dengan peserta
didik, dan mampu melakukan penilaian dan evaluasi.
Rencana kerja penulis
untuk meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu melalui penyusunan perangkat
pembelajaran yang meliputi: Kalender
Pendidikan, Rencana Pekan Efektif, Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi
Dasar, Program tahunan, Program Semester, Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran), Program Penilaian. Selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran
sesuai dengan RPP yang telah disusun, dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi dan
penilaian hingga diperoleh hasil berupa Laporan Pengolahan Nilai, dan Kumpulan Soal-Soal
Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian
Sekolah yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan dianalisis.
2.
Kompetensi Kepribadian
Dalam kompetensi kepribadian guru dituntut untuk
memiliki kepribadian yang mantap, berahlak mulia, arif dan berwibawa serta
menjadi teladan bagi peserta didiknya. Guru dalam bentindak harus sesuai dengan
norma agama yang dianutnya, harus sesuai dengan hukum, sosial dan kebudayaan
nasional. Prilaku guru menunjukkan pribadi yang dewasa dan menjadi teladan terutama
bagi peserta didiknya. Etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi serta memiliki
rasa bangga menjadi guru.
Rencana kerja penulis untuk meningkatkan kompetensi
kepribadian yaitu melalui Penyusunan Buku Pedoman Guru ini penulis berharap dapat menjadi contoh baik bagi siswa
atau rekan sesama gurutentang etos kerja dan tanggung jawab penulis sebagai
guru. Untuk kegiatan sehari-hari dalam hal kehadiran, terutama di kelas penulis
akan berusaha untuk lebih tepat waktu, demikian juga untuk kegiatan keagamaan
misalnya melaksanakan sholat jamaah diwaktu dhuhur bersama-sama dengan siswa.
3.
Kompetensi Profesional
Dalam kompetensi
profesional kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran harus luas dan mendalam.
Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung guru
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kemampuan keprofesionalan guru dapat
dikembangkan melalui tindakan reflektif seperti kegiatan Penelitian Tindakan
Kelas atau yang sejenisnya.
Rencana kerja
penulis untuk meningkatkan kompetensi profesional yaitu melalui penyusunan Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal
Pendidikan, Laporan Penelitian Karya Tulis Ilmiah, Makalah untuk kegiatan
Seminar KTI, Modul/Diktat kelas IX kurikulum 2013, membuat Alat Peraga
Pembelajaran
4.
Kompetensi Sosial
Dalam kompetensi
sosial guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan
berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru,
orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Guru harus bisa bersikap
inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif. Guru harus memiliki
kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan sesama guru, dengan tenaga
kependidikan, dengan orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
Rencana kerja
penulis untuk meningkatkan kompetensi sosial melalui kegiatan membimbing siswa
dalam meningkatkan prestasi belajarnya terutama dalam menghaapi Ujian Sekolah
dan Ujian Nasional, menjadi Narasumber
dalam kegiatan Seminar/Workshop baik di sekolah atau di MGMP IPA, dan membimbing
guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI, maupun penyusunan Laporan Pengembangan Diri.
B. Rincian Kegiatan di Tahun 2015
Berasarkan
uraian di atas penulis menyusun rincian rencana kerja di tahun 2015 sebagaimana
dalam tabel di halaman berikut:
BAB III
PENUTUP
A.
Ringkasan Rencan Kegiatan
Rencana kerja merupakan rencana guru dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru. meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian,
professional, dan sosial. Rencana untuk meningkatkan
kompetensi pedagogik melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi: Kalender Pendidikan, Rencana Pekan
Efektif, Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Program Tahunan, Program
Semester, Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Program Penilaian, Laporan
Pengolahan Nilai, dan Kumpulan Soal-Soal yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan
dianalisis. Rencana penulis untuk
meningkatkan kompetensi kepribadian melalui penyusunan Buku Pedoman Guru untuk menjadi contoh baik bagi
siswa atau rekan sesama guru tentang etos kerja dan tanggung jawab guru. Kehadiran
terutama di kelas lebih tepat waktu, melaksanakan sholat jamaah diwaktu dhuhur
bersama-sama dengan siswa. Untuk
meningkatkan kompetensi profesional rencana penulis melalui penyusunan Artikel Ilmiah dalam Jurnal Pendidikan, Laporan
Penelitian Karya Tulis Ilmiah, Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, Modul/Diktat
kelas IX kurikulum 2013, dan membuat Alat Peraga Pembelajaran. Rencana untuk meningkatkan kompetensi sosial
melalui kegiatan membimbing siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya
terutama dalam menghaapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar/Workshop baik di
sekolah atau di MGMP IPA, dan membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI,
maupun penyusunan Laporan Pengembangan Diri.
B.
Ringkasan Rencana Target
Rencan target di tahun 2015 yaitu menyusun Perangkat
Pembelajaran, membuat Laporan Pengolahan Nilai, menyusun Buku Pedoman Guru,
menyusun Soal-soal Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan
Semester, Ujian Sekolah, menyusun Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal
Pendidikan, melakukan Penelitian untuk Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan,
menyusun Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, menjadi Narasumber dalam kegiatan
Seminar/Workshop, membuat Alat Peraga Pembelajaran, menyusun Modul/Diktat kelas
IX kurikulum 2013, membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI/Laporan Pengembangan
Diri.
Ijin share nterimakasih berbagi ilmunya bu Lilis Indayani
BalasHapusSama-sama, semoga bermanfaat
BalasHapusbu lilis bisa minta softcopynya....untuk discus diMGMP
BalasHapusBisa pak, kemana saya ngirimnya ya???
BalasHapusBisa pak, kemana saya ngirimnya ya???
BalasHapusBolehkah minta yang lebih lengkap Bu, termasuk tabelnya karena di postingan blm ada. Bial diijinkan mohon dikirik=m ke
Hapusratnawidayat@gmail.com
Maaf sy blm faham masalah proker koordinator pkb mhn pencerahanya
BalasHapusSangat bermanfaat sekali untuk di share ke rekan-rekan guru. Bolehkah minta lengkap softcopynya Bu Lia?
BalasHapusBu Lis ?
Hapus