Sabtu, 18 Juli 2015

Contoh Buku Pedoman Guru untuk pemenuhan kebutuhan PKB



Untuk memenuhi kebutuhan angka kredit guru pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) khususnya unsur Publikasi Ilmiah seringkali membuat guru putus asa. Peristiwa ini juga terjadi pada diri saya. Tetapi dengan tekad dan keinginan kuat untuk menyelesaikan proses kenaikan pangkat yang seharusnya sudah dilewati (Pangkat IVa tahun 1997), maka saya berusaha mencari cara agar unsur publikasi ilmiah dapat terpenuhi (12 angka kredit). 
Salah satu bentuk publikasi ilmiah yang belum dikenal banyak orang (terutama guru-guru yang saya kenal) adalah membuat Buku Pedoman Guru yang memiliki nilai AK 1,5. Saya berusaha menyusun Buku Pedoman Guru ini dengan mengacu pada Buku 4 dan Buku 5 Pedoman kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjuan (PKB) dan angka Kreditnya. Buku Pedoman Guru ini saya susun tanpa ada contoh, isi dari buku Pedoman Guru ini adalah penafsiran saya sendiri terhadap Buku 4 dan Buku 5 tersebut. Sehingga Buku Pedoman Guru yang saya susun ini kemungkinan ada salah tafsir, atau banyak kekurangan dan perlu banyak penyempurnaan.
Meskipun buku ini baru disusun dan belum tentu benar, namun harapan saya apa yang saya lakukan ini bermanfaat baik untuk diri saya sendiri juga untuk teman-teman guru yang memerlukan.



BUKU
PEDOMAN GURU
TAHUN KERJA 2015










Oleh
LILIS INDAYANI, S.Pd, M.Pd
NIP : 197103301995122002








                                    PEMERINTAH  KOTA PROBOLINGGO
                       DINAS PENDIDIKAN
                           SMP NEGERI 10 PROBOLINGGO
                Jl.Soekarno Hatta No. 263Q Probolinggo 67211 Tlp. 0335 – 427260  NPSN :20536274
                                  Website:  http://www.smpn10-prob.sch.id/  Email :  smpnegeri10probolinggo@gmail.com

Lembar PeRSETUJUan

Setelah membaca dan mencermati Buku Pedoman Guru Tahun Kerja 2015 yang telah ditulis oleh:

Penulis             : LILIS INDAYANI, S.Pd, M.Pd
NIP                 : 19710330 199512 2 002
Jabatan            : Guru Mata Pelajaran IPA
Unit Kerja       : SMP Negeri 10 Probolinggo
Alamat             : Jl. Soekarno Hatta 263Q
                           Kota Probolinggo Provinsi JawaTimur

benar-benar merupakan karya sendiri, dan berisi rencana kerja yang akan dilakukan di tahun 2015.


Menyetujui dan mengesahkan:
                                                                            Probolinggo, 30 Januari 2015
Kepala Sekolah                                                   Penulis,




Drs. EKO CAHYONO, M.Pd                           LILIS INDAYANI, S.Pd, M.Pd
NIP. 196308121995121002                               NIP. 197103301995122002










KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan penulisan Buku Pedoman Guru Tahun 2015 ini. Buku Pedoman Guru ini berisi rencana kerja penulis dalam setahun untuk dipakai sebagai pedoman bagi penulis dalam melaksanakan tugas penulis sebagai guru IPA dan sebagai Wakil Kepala Sekolah. Buku Pedoman Guru ini semoga juga bermanfaat bagi teman sejawat sebagai perbandingan dalam menyusun Buku Pedoman Gurunya.
            Dalam penyusunan Buku Pedoman Guru ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih penulis ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
·           Yth. Kepala SMP Negeri 10 Probolinggo
·           Yth. Rekan-rekan Guru SMP Negeri 10 Probolinggo
·           Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa Buku Pedoman Guru ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                                                                                


                                                                                            Penulis


DAFTAR ISI

Halaman
Halaman Judul .................................................................................................          i       
Lembaran Persetujuan ............................................................................................. ii
Kata Pengantar ....................................................................................................... iii
Daftar Isi ................................................................................................................ iv
BAB ..... I       PENDAHULUAN
A.    Tujuan  ...................................................................................... 1
B.     Target-target Capaian ................................................................ 1
BAB      II       RINCIAN RENCANA KERJA 
A.    Rencana Kerja ........................................................................... 3
1.    Kompetensi Pedagogik ........................................................ 3    
2.    Kompetensi Kepribadian ..................................................... 4    
3.    Kompetensi Profesional ....................................................... 5    
4.    Kompetensi Sosial ............................................................... 5    
B.     Rincian Kegiatan di Tahun 2015  ............................................. 6
BAB     III      PENUTUP
A.    Ringkasan Rencan Kegiatan ..................................................... 9
B.     Ringkasan Rencana Target   .................................................... 10
LAMPIRAN
·           Kalender Pendidikan 2014/2015
·           Hari Efektif, Efektif Fakultatif dan Libur Sekolah 2014/2015
·           Penjabaran Kalender Pendidikan 2014/2015
·           Program Semester Genap 2014/2015
·           Perkiraan Angka Kredit guru
·           Program Kerja Koordinator PKB
·           Format Suplemen Perencanaan PKB
·           Formulir Sasaran Kerja PNS
·           Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
·           Skenario Kegiatan





BAB I
PENDAHULUAN

A. Tujuan
Buku Pedoman Guru adalah buku yang berisi rencana kerja tahunan guru. Rencana kerja guru meliputi upaya guru dalam meningkatkan/ memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Buku Pedoman Guru ini juga berisi rencana kegiatan PKB yang akan dilakukan guru dalam satu tahun.
Tujuan penulis dalam penyusunan Buku Pedoman Guru ini adalah agar penulis mempunyai pedoman dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan pembelajaran dan pedoman dalam mengembangkan profesi.

B.             Target-target Capaian
     Buku Pedoman Guru ini diharapkan dapat membantu guru/penulis dalam mencapai target-target yang ingin dicapai di tahun 2015 ini. Adapun target-target tersebut yaitu tersusunnya:
·       Perangkat Pembelajaran yang meliputi:
o      Kalender Pendidikan
o      Rencana Pekan Efektif
o      Analisis SK/KD atau Analisis Kompetensi Inti dan K. Dasar
o      Program tahunan
o      Program Semester
o      Silabus
o      RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
o      Program Penilaian
·           Laporan Pengolahan Nilai
·           Buku Pedoman Guru
·           Soal-Soal Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah
·           Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan
·           Laporan Penelitian Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan
·           Makalah untuk kegiatan Seminar KTI
·           Narasumber dalam kegiatan Seminar/Workshop
·           Membuat Alat Peraga Pembelajaran
·           Modul/Diktat kelas IX kurikulum 2013
·           Membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI/Laporan PD





Adapun target-target tersebut yaitu tersusunnya:
·           Perangkat Pembelajaran yang meliputi:
o    Kalender Pendidikan
o    Rencana Pekan Efektif
o    Analisis SK/KD atau Analisis Kompetensi Inti dan K. Dasar
o    Program tahunan
o    Program Semester
o    Silabus
o    RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
o    Program Penilaian
·           Laporan Pengolahan Nilai
·           Buku Pedoman Guru
·           Soal-Soal Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah
·           Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan
·           Laporan Penelitian Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan
·           Makalah untuk kegiatan Seminar KTI
·           Narasumber dalam kegiatan Seminar/Workshop
·           Membuat Alat Peraga Pembelajaran
·           Modul/Diktat kelas IX kurikulum 2013
·           Membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI/Laporan Pengembangan Diri








BAB II
RINCIAN RENCANA KERJA

A. Rencana Kerja
Rencana kerja merupakan rencana guru dalam meningkatkan  kompetensinya sebagai  guru. Di dalam Undang-undang nomer 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.
Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru meliputi  kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan guru yang memiliki kepribadian mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi profesional adalah kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

1. Kompetensi Pedagogik
Dalam kompetensi pedagogik guru dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola kegiatan pembelajaran. Kemampuan guru ini meliputi penguasaan guru tentang karakterisitik peserta didiknya, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Kompetensi pedagogik juga menuntut guru agar mampu mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan pembelajaran yang mendidik, mengembangkan potensi peserta didik, berkomunikasi yang baik dengan peserta didik, dan mampu melakukan penilaian dan evaluasi.
Rencana kerja penulis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi: Kalender Pendidikan, Rencana Pekan Efektif, Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Program tahunan, Program Semester, Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Program Penilaian. Selanjutnya dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun, dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi dan penilaian hingga diperoleh hasil berupa Laporan Pengolahan Nilai, dan Kumpulan Soal-Soal Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan dianalisis.

2. Kompetensi Kepribadian
Dalam kompetensi kepribadian guru dituntut untuk memiliki kepribadian yang mantap, berahlak mulia, arif dan berwibawa serta menjadi teladan bagi peserta didiknya. Guru dalam bentindak harus sesuai dengan norma agama yang dianutnya, harus sesuai dengan hukum, sosial dan kebudayaan nasional. Prilaku guru menunjukkan pribadi yang dewasa dan menjadi teladan terutama bagi peserta didiknya. Etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi serta memiliki rasa bangga menjadi guru.
Rencana kerja penulis untuk meningkatkan kompetensi kepribadian yaitu melalui Penyusunan Buku Pedoman Guru ini penulis berharap dapat menjadi contoh baik bagi siswa atau rekan sesama gurutentang etos kerja dan tanggung jawab penulis sebagai guru. Untuk kegiatan sehari-hari dalam hal kehadiran, terutama di kelas penulis akan berusaha untuk lebih tepat waktu, demikian juga untuk kegiatan keagamaan misalnya melaksanakan sholat jamaah diwaktu dhuhur bersama-sama dengan siswa.

3. Kompetensi Profesional
Dalam kompetensi profesional kemampuan guru dalam penguasaan materi pelajaran harus luas dan mendalam. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung guru sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Kemampuan keprofesionalan guru dapat dikembangkan melalui tindakan reflektif seperti kegiatan Penelitian Tindakan Kelas atau yang sejenisnya.
Rencana kerja penulis untuk meningkatkan kompetensi profesional yaitu melalui penyusunan Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan, Laporan Penelitian Karya Tulis Ilmiah, Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, Modul/Diktat kelas IX kurikulum 2013, membuat Alat Peraga Pembelajaran

4. Kompetensi Sosial
Dalam kompetensi sosial guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Guru harus bisa bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif. Guru harus memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan sesama guru, dengan tenaga kependidikan, dengan orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
Rencana kerja penulis untuk meningkatkan kompetensi sosial melalui kegiatan membimbing siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya terutama dalam menghaapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar/Workshop baik di sekolah atau di MGMP IPA, dan membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI, maupun penyusunan Laporan Pengembangan Diri.

B. Rincian Kegiatan di Tahun 2015
     Berasarkan uraian di atas penulis menyusun rincian rencana kerja di tahun 2015 sebagaimana dalam tabel di halaman berikut:












BAB III
PENUTUP

A.       Ringkasan Rencan Kegiatan
Rencana kerja merupakan rencana guru dalam meningkatkan  kompetensinya sebagai  guru. meliputi  kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial. Rencana untuk meningkatkan kompetensi pedagogik melalui penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi: Kalender Pendidikan, Rencana Pekan Efektif, Analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Program Penilaian, Laporan Pengolahan Nilai, dan Kumpulan Soal-Soal yang dilengkapi dengan kisi-kisi dan dianalisis. Rencana penulis untuk meningkatkan kompetensi kepribadian melalui penyusunan Buku Pedoman Guru untuk menjadi contoh baik bagi siswa atau rekan sesama guru tentang etos kerja dan tanggung jawab guru. Kehadiran terutama di kelas lebih tepat waktu, melaksanakan sholat jamaah diwaktu dhuhur bersama-sama dengan siswa. Untuk meningkatkan kompetensi profesional rencana penulis melalui penyusunan Artikel Ilmiah dalam Jurnal Pendidikan, Laporan Penelitian Karya Tulis Ilmiah, Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, Modul/Diktat kelas IX kurikulum 2013, dan membuat Alat Peraga Pembelajaran. Rencana untuk meningkatkan kompetensi sosial melalui kegiatan membimbing siswa dalam meningkatkan prestasi belajarnya terutama dalam menghaapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar/Workshop baik di sekolah atau di MGMP IPA, dan membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI, maupun penyusunan Laporan Pengembangan Diri.

B.       Ringkasan Rencana Target
 Rencan target di tahun 2015 yaitu menyusun Perangkat Pembelajaran, membuat Laporan Pengolahan Nilai, menyusun Buku Pedoman Guru, menyusun Soal-soal Try Out Ujian Nasional, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Semester, Ujian Sekolah, menyusun Artikel Ilmiah dan diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan, melakukan Penelitian untuk Karya Tulis Ilmiah dan diseminarkan, menyusun Makalah untuk kegiatan Seminar KTI, menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar/Workshop, membuat Alat Peraga Pembelajaran, menyusun Modul/Diktat kelas IX kurikulum 2013, membimbing guru SMP N 10 dalam penyusunan KTI/Laporan Pengembangan Diri.


9 komentar:

  1. Ijin share nterimakasih berbagi ilmunya bu Lilis Indayani

    BalasHapus
  2. bu lilis bisa minta softcopynya....untuk discus diMGMP

    BalasHapus
  3. Bisa pak, kemana saya ngirimnya ya???

    BalasHapus
  4. Bisa pak, kemana saya ngirimnya ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehkah minta yang lebih lengkap Bu, termasuk tabelnya karena di postingan blm ada. Bial diijinkan mohon dikirik=m ke
      ratnawidayat@gmail.com

      Hapus
  5. Maaf sy blm faham masalah proker koordinator pkb mhn pencerahanya

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat sekali untuk di share ke rekan-rekan guru. Bolehkah minta lengkap softcopynya Bu Lia?

    BalasHapus